Selamat Datang di Blog ini.

Jika segala sesuatu tidak berjalan baik untuk Anda, mulai berupaya mengoreksi situasi dengan cermat, memeriksa servis yang Anda berikan dan terutama semangat Anda dalam memberikan servis itu”.

(Roger Babson)

24 April 2010

Chery Sambut Kompetitor

MASUKNYA beberapa produsen otomotif asal Tiongkok ke Indonesia, tidak membuat produk mobil dengan brand Chery merasa tersaingi . Malah mobil cina (Mobcin) yang dikenal sebagai pelopor masuknya mobcin ke Indonesia ini, menganggap produk-produk mobcin baru sebagai partner yang akan menguntungkan Chery. Pasalnya dari sisi promosi. Karena mobcin akhirnya dapat diterima bahkan dipercaya konsumen dalam negeri.
"Kami (Chery. Red) merupakan pelopor mobil China sampai produksi perakitan sendiri di Indonesia. Sebagai pelopor, kami menjalankan bisnis ini penuh resiko. Sekarang kami sudah memasuki pasar Indonesia selama empat tahun sejak, 9 September 2006. Jadi sudah terbukti masyarakat Indonesia menaruh kepercayaan pada produk kami." ungkap Tan Kim Piauw, Chief Executif Officer PT Unicor Prima Motor selaku produsen Chery lewat Indomobil di Indonesia di kantornya, kawasan Sunter, Jakarta Utara, kemarin.
Sebenarnya, lanjut Tan Kim. Chery satu grup produksi di Indomobil bersama dua mobcin lain. Yaitu Foton untuk jenis mobil Komersil berupa truk kecil dan Great-wall yang double cabin sejenis pick up. "Dua produk itu bukan satu grup dengan Chery. Produksinya yang satu perakitan di Indomobil. Chery punya perakitan sendiri lewat bendera Indomobil. Jadi dengan masuknya pemain baru seperti Geely untuk jenis sedan, So-kon yang khas MPV (multi purpose vehicle), dan lainnya, bukan kompetitor Chery," terangnya.
Jadi, katanya, kebetulan mobcin yang masuk Indonesia tercatat sebagai produk dengan brand-brand bagus. Makanya, kekhawatiran pasar mobcin akan ambruk sangat kecil daripada masa jayanya motor
China (Mocin). "Pertama menyadari pengalaman buruk terkait motor China yang imejnya produk China jelek, maka yang harus diperhatikan adalah brand Brand nomor satu dalam bisnis apa pun. Nah. biar pun Chery segmennya kelas menengah ke bawah di China maupun di Indonesia, tapi sudah punya brand sama seperti Geely untuk sesama jenis sedan. Kedua, kalau untuk bisnis mobil harus ada after servis dan sales. Ini sesuai aturan pemerintah yang cukup ketat. Ketiga, konsumen Indonesia sekarang ini sudah pintar dalam memilih produk yang dibelinya.Terbukti,konsumen pasti akan bertanya dimana bengkel dan apa ada spare part-nya. Inilah yang sudah dipenuhi oleh Chery selama ini," urainya (sumber: http://bataviase.co.id)
 

International Motor Show

Shobatku