Selamat Datang di Blog ini.

Jika segala sesuatu tidak berjalan baik untuk Anda, mulai berupaya mengoreksi situasi dengan cermat, memeriksa servis yang Anda berikan dan terutama semangat Anda dalam memberikan servis itu”.

(Roger Babson)

30 Desember 2009

UJI EMISI.... SEGAR JAKARTAKU.......

PT Nissan Motor Indonesia (NMI) menggelar layanan uji emisi gratis untuk mendukung Pemerintah Daerah (Pemda) DKI Jaya dalam usaha mengendalikan pencemaran udara. "Layanan uji emisi gratis ini merupakan bentuk kepedulian kami terhadap masalah polusi lingkungan. Kami akan selalu mendukung program pemerintah, terutama yang berkaitan dengan isu lingkungan hidup," kata Teddy Irawan, Deputi Direktur Penjualan dan Pemasaran PT NMI, akhir pekan lalu. Kegiatan uji emisi gratis selama 2 hari yang berakhir kemarin tersebut digelar di empat dealer resmi Nissan yang berlokasi di Sunter, Kelapa Gading, Raden Inten dan Pantai Indah Kapuk.
(Bisnis Indonesia)


Penjualan mobil China melampui AS

Untuk pertamakalinya penjualan mobil di Cina melampaui Amerika Serikat. Bangsa yang selama ini dikenal kecanduan menabung, kini berberbelanja dari orang-orang Amerika yang mulai kapok belanja. Bukan cuma mobil, tapi barang-barang lain juga melampaui belanja orang-orang Amerika. Tahun ini bangsa Cina diperkirakan membeli 12.8 juta sementara di Amerika Serikat hanya 10.3 juta unit. Bukan itu saja, tapi alat–alat rumah tangga juga lebih banyak, seperti kulkas, mesin cuci bahkan komputer desktop. Bertahun-tahun, Barat mendesak Pemerintah Cina untuk meningkatkan konsumsi domestik dan mengurangi ketergantungannya pada ekspor. Ketergantungan yang berlebihan pada ekspor mendistorsi keseimbangan perdagangan global. Untuk menjaga kemampuan eksportnya tetap tinggi, Cina menjaga agar mata uangnya dibawah nilai yang sebenarnya. Akibatnya harga-harga barangnya terasa sangat murah di pasar dunia. Meskipun dari volume penjualan Cina mulai unggul, tapi nilai dalam dollar, tetap Amerika lebih tinggi. Ini karena orang-orang Cina membeli barang yang lebih murah. Mobil misalnya. Dari catatan J.D. Powers, rata-rata mobil baru yang terjual di Cina berada di rentang US$17,000, sedangkan di Amerika Serikat hampir dua kali lipat yaitu US$30,000. Ini karena orang Cina lebih suka subcompact daripada SUV yang jadi kesukaan di negeri paman Sam. Pertumbuhan penjualan mobil dalam 11 bulan pertama tahun ini meningkat 42% dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Dan penjualan terus melaju kencang. November ini saja pertumbuhan hampir 100%, sementara di Amerika Serikat turun 37%.
(www.mobilku.com)


MAZDA EKPANSI JARINGAN DI INDONESIA

PT Mazda Motor Indonesia (MMI) terus melakukan ekspansi jaringan penjualan dan layanan purna jual di Tanah Air dengan target memiliki sebanyak 30 unit dealer pada 2010, guna mendukung penetrasi model terbarunya, Mazda2. Tahun depan, MMI berencana membuka 10 dealer baru dengan standar 3S (Sales, Service & Sparepart) di sejumlah kota a.l. Makassar (Sulawesi Selatan), Semarang (Jawa Tengah) dan DKI Jakarta. Pembukaan jaringan dealer tersebut menambah eksisting dealer Mazda saat ini sebanyak 20 unit. Yoshiya Horigome, Presdir PT MMI, mengatakan seiring kedatangan Mazda2 yang menjadi produk inti Mazda, pihaknya akan terus fokus memastikan tersedianya layanan pendukung dengan memperkuat jaringan dan menggenjot kualitas pelayanan purnajual. "Kami akan perkuat pelayanan di pasar kendaraan mobil penumpang, seperti di Medan dan Surabaya, selain memperbanyak jaringan di Jakarta," ujarnya di sela-sela peresmian dealer baru Mazda di Pluit, Jakarta Utara, kemarin. Dealer baru di Pluit yang dibuka kemarin merupakan jaringan penjualan dan layanan purnajual Mazda yang ke-7 untuk wilayah DKI Jakarta dan menambah total jaringan outlet merek ini menjadi 20 unit. Selain menjadi flagship dealer, fasilitas baru di Pluit tersebut menjadi pusat pelatihan penjualan dan layanan purnajual Mazda secara nasional. "Dealer ini merupakan jaringan outlet independen. Artinya, investasi dilakukan oleh mitra dealer dan kami menggunakan sumber daya Mazda untuk memastikan dealer mampu merepresentasikan merek Mazda secara menyeluruh. Ini merupakan kerja sama strategis," katanya. Tony Gunawan, Direktur PT Dwi Ciptakarsa, mengatakan pihaknya optimistis dengan pertumbuhan merek Mazda di pasar otomotif nasional, kendati persaingan di industri ini cukup ketat pada tahun-tahun mendatang. Ditargetkan mencetak penjualan sebanyak 30 unit per bulan, dealer Mazda Pluit dibangun dengan investasi sekitar US$5 juta-US$6 juta.
Penjualan Mazda2
Terkait dengan penjualan, Horigome menjelaskan sampai saat ini Surat Pemesanan Kendaraan (SPK) Mazda2 hampir mencapai 400 unit. Permintaan Mazda2 yang terus menguat diharapkan mendorong target penjualan Mazda tahun ini sebanyak 1.600 unit. Diluncurkan pada 25 November, Mazda2 yang mengusung mesin 1.5 liter segaris empat silinder dibanderol mulai Rp175 juta hingga Rp200 juta (on the road). Model hatchback ini diharapkan mendongkrak penjualan Mazda pada 2010 menjadi 5.000 unit dimana kontribusi Mazda2 ditargetkan sebesar 60%. Sisanya, sebesar 30% diperoleh dari penjualan model kabin ganda Mazda, BT50 dan 10% dari berbagai model Mazda lainnya.
(Bisnis Indonesia)


HONDA Percepat masa inden.....

PT Astra Honda Motor (AHM) berkomitmen memperpendek masa inden model skutik Honda yang saat ini rata-rata mencapai 1,5 bulan. Upaya memperpendek masa inden itu dilakukan karena stok AHM mulai meningkat seiring adanya koreksi penjualan sepeda motor transmisi otomatis tersebut pada November akibat berkurangnya hari kerja efektif. Pada November, penjualan motor skutik Honda sebanyak 89.436 unit, lebih rendah dibandingkan dengan realisasi pada bulan sebelumnya yang mencapai 100.048 unit. Padahal pada Oktober, volume distribusi skutik Honda meningkat 35% dibandingkan dengan September. Sigit Kumala, Senior General Manager Sales Division PT AHM, mengatakan total outstanding skutik Honda sampai saat ini mencapai 75.000 unit dan diupayakan untuk dipenuhi sampai Januari mendatang. "Kalau dipenuhi seluruhnya pada bulan ini agak sulit karena ada hari libur, namun kami usahakan untuk menekan inden. Distribusi skutik pada November yang lebih rendah karena hari efektif kerja yang terpotong libur," kemarin. Untuk model skutik warna tertentu, kata Sigit, saat ini mencatatkan inden sekitar 1 bulan hingga 2 bulan. Namun, rata-rata inden untuk motor jenis transmisi otomatis ini 1,5 bulan. Pada bulan lalu AHM juga mencatat pertumbuhan penjualan di segmen skutik, yakni model Honda Beat terjual sebanyak 44.574 unit. Angka tersebut naik 20,13% dibandingkan dengan posisi November 2008. Sebelumnya, Direktur Pemasaran PT AHM, Julius Aslan, mengatakan angka penjualan Honda pada November sedikit turun dibandingkan dengan bulan sebelumnya menjadi 252.988 unit. Meskipun demikian, penjualan motor Honda secara ritel pada November masih cukup baik dan mampu mencatatkan pertumbuhan positif 9,74% apabila dibandingkan dengan November 2008. Secara terperinci, penjualan motor bebek (underbone) Honda pada November mencapai 155.792 unit, model skutik sebanyak 89.436 unit dan 7.770 unit sisanya kontribusi dari model sport.
(Bisnis Indonesia)


International Motor Show

Shobatku