PT Mazda Motor Indonesia (MMI) terus melakukan ekspansi jaringan penjualan dan layanan purna jual di Tanah Air dengan target memiliki sebanyak 30 unit dealer pada 2010, guna mendukung penetrasi model terbarunya, Mazda2. Tahun depan, MMI berencana membuka 10 dealer baru dengan standar 3S (Sales, Service & Sparepart) di sejumlah kota a.l. Makassar (Sulawesi Selatan), Semarang (Jawa Tengah) dan DKI Jakarta. Pembukaan jaringan dealer tersebut menambah eksisting dealer Mazda saat ini sebanyak 20 unit. Yoshiya Horigome, Presdir PT MMI, mengatakan seiring kedatangan Mazda2 yang menjadi produk inti Mazda, pihaknya akan terus fokus memastikan tersedianya layanan pendukung dengan memperkuat jaringan dan menggenjot kualitas pelayanan purnajual. "Kami akan perkuat pelayanan di pasar kendaraan mobil penumpang, seperti di Medan dan Surabaya, selain memperbanyak jaringan di Jakarta," ujarnya di sela-sela peresmian dealer baru Mazda di Pluit, Jakarta Utara, kemarin. Dealer baru di Pluit yang dibuka kemarin merupakan jaringan penjualan dan layanan purnajual Mazda yang ke-7 untuk wilayah DKI Jakarta dan menambah total jaringan outlet merek ini menjadi 20 unit. Selain menjadi flagship dealer, fasilitas baru di Pluit tersebut menjadi pusat pelatihan penjualan dan layanan purnajual Mazda secara nasional. "Dealer ini merupakan jaringan outlet independen. Artinya, investasi dilakukan oleh mitra dealer dan kami menggunakan sumber daya Mazda untuk memastikan dealer mampu merepresentasikan merek Mazda secara menyeluruh. Ini merupakan kerja sama strategis," katanya. Tony Gunawan, Direktur PT Dwi Ciptakarsa, mengatakan pihaknya optimistis dengan pertumbuhan merek Mazda di pasar otomotif nasional, kendati persaingan di industri ini cukup ketat pada tahun-tahun mendatang. Ditargetkan mencetak penjualan sebanyak 30 unit per bulan, dealer Mazda Pluit dibangun dengan investasi sekitar US$5 juta-US$6 juta.
Penjualan Mazda2
Terkait dengan penjualan, Horigome menjelaskan sampai saat ini Surat Pemesanan Kendaraan (SPK) Mazda2 hampir mencapai 400 unit. Permintaan Mazda2 yang terus menguat diharapkan mendorong target penjualan Mazda tahun ini sebanyak 1.600 unit. Diluncurkan pada 25 November, Mazda2 yang mengusung mesin 1.5 liter segaris empat silinder dibanderol mulai Rp175 juta hingga Rp200 juta (on the road). Model hatchback ini diharapkan mendongkrak penjualan Mazda pada 2010 menjadi 5.000 unit dimana kontribusi Mazda2 ditargetkan sebesar 60%. Sisanya, sebesar 30% diperoleh dari penjualan model kabin ganda Mazda, BT50 dan 10% dari berbagai model Mazda lainnya.
(Bisnis Indonesia)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar